Thursday, February 5, 2009

Old Planters Story 3

SEPENGGAL CATATAN DALAM MANAJEMEN PERKEBUNAN
By KP LOH

JALAN CARI TUHAN

Saya masih ingat pada kunjungan yang pertama disebuah kebun di Provinsi Jambi, Sumatra, Indonesia. Ketika kami berada pada jalan yang sangat lurus dan menjulang tajam, sebelum saya bertanya bahwa Manager Kebun menyampaikan kepada saya, "Pak, ini jalan cari Tuhan." Melihat reaksi saya sangat menherankan, GM (General Manager) yang mendampingi menyatakan bahwa jalan itu seperti menuju jalan ke sorga dimana Tuhan akan ditemukan disana.Kemudian dia jelaskan kepada saya bahwa sewaktu jalan ini dibuat berada dibawah pengawasan seorang Asisten Lapangan yang tidak berpengalaman, yang hanya mengikuti pola blok bersegi empat atau berbentuk bujur sangkar.Bagi saya bentuk jalan seperti itu bukanlah suatu hal yang baru.

Ketika saya dimutasi ke suatu kebun kelapa sawit, Morisem Estate, di Sabah, Malaysia, pada bulan Desember 1988 dan saya dibawa berkeliling kebun pada hari pertama, saya melihat sebuah alat berat bulldoser yang digunakan untuk menarik sebuah mobil trailer bermuatan TBS (Tandan Buah Segar) pada setiap jalan yang menjulang tajam.Nampaknya bila musim kemarau akan tiba, kami harus membuat banyak jalan memutar untuk mengatasi bagian jalan berbukit yang lebih menjulang tajam. Kalau tidak, evakuasi TBS diareal bukit menjadi sebuah pekerjaan yang berat untuk tim manajemen kebun jika jalan-jalan diareal bukit tidak dibangun sebagaimana mestinya.

Pada tahun 1993, saya memberi arahan kepada Asisten Lapangan saya yang bertanggung jawab dalam penanaman kembali (replanting) di Segamat Estate, Johor, Malaysia, agar dia langsung duduk disamping operator traktor ketika memancang jalan di areal bukit. Instruksi diberikan kepadanya agar teras yang dibangun disepanjang garis batas atau kontur dapat dibuat untuk menghindari jalan baru terjadi menjulang tajam.Setelah bentuk jalan dibuat, kami biasanya berjalan kaki bersama-sama melakukan pemeriksaan dan memeriksa kembali untuk memastikan pekerjaan itu sudah selesai dan aman dilalui oleh alat berat traktor atau transport lain ketika mengangkut pupuk, air, dan TBS pada saat TM (Tanaman Menghasilkan).

Comment by mns2121; Semasa land development, sangat penting kpd EM atau AM untuk berada di lapangan menentusahkan kerj2 yg dilaksanakan betul dan menepati spesifikasi, melainkan ia akan menjadi kenangan selama 25-30 tahun selepasnya..

No comments:

Post a Comment